BAN MOBIL DAN JENIS-JENIS BAN
Ban merupakan salah satu komponen dari Mobil. Fungsi dari Ban adalah untuk menahan beban dari Mobil. Ban tidak lagi hanya sekedar benda bundar, dan berfungsi sebagai meringankan laju kendaraan.
Ban berfungsi untuk menahan seluruh berat kendaraan, memindahkan gaya gerak dan gaya pengereman kendaraan ke jalan, dan juga mengontrol start, akselerasi, deselerasi, pengereman dan berbelok, juga mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak beraturan.
Para produsen Ban akan menghabiskan dana yang tidak sedikit dalam meriset bahan. Seiring dengan perkembangan kendaraan bermotor yang semakin baik dan dengan laju yang cukup cepat, mau tidak mau para produsen Ban juga dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut. Bagaimana para produsen dapat memenuhi tuntutan dari suatu kendaraan yang dikeluarkan sebuah produsen kendaraan bermotor.
Pada dasarnya Ban terdiri dari 3 Jenis, yaitu :
Ban bias. Karena pada dasarnya ban jenis ini cukup nyaman dipakai karena memiliki Tapak (tread) yang memiliki daya serap terhadap benturan yang cukup baik. Kebanyakan ban jenis ini memiliki serat miring. dan ban jenis ini tidak cukup baik dari jenis ban yang lain untuk menahan guncangan dan keausan. Dan tentu saja ban jenis ini dilengkapi dengan ban dalam (tube).
Ban Tubeless. Salah satu Keuntungan Ban Tubeles yaitu saat ban terkena paku atau benda tajam lainnya, tread dan liner mencengkeram kuat pada paku, sehingga dapat mencegah kebocoran udara sehingga ban tidak cepat kempis. Dilengkapi dengan lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara serta berfungsi untuk menghambat udara bocor dengan cepat saat ban tertusuk, sehingga tingkat keamanannya cukup baik. Dan karena ban jenis ini tidak memiliki ban dalam (tube), berat akan lebih ringan. Ban jenis ini dirancang untuk menahan udara secara langsung tanpa ban dalam. Karena udara didalam ban terkena langsung kepada ban (tanpa ban dalam) suhu udara didalam ban dapat cepat ter radiasi, sehingga suhu udara pada ban jenis ini cenderung lebih rendah dibandingkan dengan jenis ban yang menggunakan ban dalam.
Ban Radial. Sabuk pada jenis ini terbuat dari baja. Karenanya ban jenis ini akan lebih tahan dari guncangan daripada ban jenis bias. Dan lebih tahan dengan keausan. Tetapi tidak cukup nyaman dengan jenis jalan yang tidak rata / bergelombang.
Contoh Kode Ukuran Ban dan Roda
JENIS BAN NOMINASI BAN
Tubeless (tanpa
Ban dalam) ---------------------------- 11 - 22,5 – 14 PR ( jenis Ban Bias)
11R 22,5 – 14 PR (jenis Ban Radial)
Dengan Ban Dalam ----------------- 10.0 – 20 – 14 PR (jenis Ban Bias)
10.0 R 20 – 14 PR (jenis Ban Radial)
Cara Membaca Kode Ban.
Kode 11 R 22,5 – 14 PR (Jenis Ban Tubeless)
Keterangan : 11 = Lebar ban ( inchi)
R = Tipe kontruksi Radial / ditiadakan untuk tipe lain
22,5 = Diameter Rim (inchi)
14 PR = Kekuatan ban (PR/play rating)
Kode 10.0 R 20 – 14 PR ( Jenis dengan ban dalam)
Keterangan : 10.0 = Lebar ban (dalam inchi)
R = Kontruksi Radial / ditiadakan untuk jenis lain
20 = Diameter Rim (inchi)
14 PR = Kekuatan ban (PR/play rating *)
Membaca Kode Metode ISO
Kode Ban radial ultra flat 225 / 70 – R – 22.5 – 140 – 137 – J
Keterangan : 225 : Lebar ban (inchi)
70 : Rasio Ketebalan
R : Konstruksi radial
22.5 : Diameter Rim (Inchi)
140 : Indek muatan (roda tunggal)
137 : Indek muatan (roda ganda)
J : Simbol kecepatan
*) PR / Play Rating. Rating merupakan satu istilah yang digunakan untuk menyatakan kekuatan ban berdasarkan kekuatan serat katun yang sipakai.
Pola Tapak Ban
Secara umum, pola Tapak pada ban terdiri dari 5 jenis, jenis RIB, Kombinasi, Kotak/block, LUG Lurus dan LUG Miring. Tetapi untuk untuk jenis, ukuran dan play rating ditentukan sesuai dengan kepada desain / jenis kendaraan yang dipakai.
Created by : dari berbagai sumber
Senin, 03 November 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar